BAHAYA....!!! Apabila kita meletak kan Gadget di sekitar Bantal Saat Tidur

BAHAYA....!!! Apabila kita meletak kan Gadget di sekitar Bantal Saat Tidur
BAHAYA....!!! Apabila kita meletak kan Gadget di sekitar Bantal Saat Tidur

Dijaman serba modern ini, sepertinya manusia tidak bisa lepas dengan yang namanya Smartphone. Dunia maya seperti sudah bisa menggantikan dunia nyata, tak heran jika sepanjang hari smartphone tak bisa lepas dari genggaman bahkan saat tidur sekalipun.

Saat ini sangat mudah kita jumpai orang-orang yang diperbudak oleh hape yang dibawanya. Hampir sebagian besar waktunya harus dihabiskan untuk berkomunikasi dengan alat kecil multifungsi tersebut. Walhasil banyak kegiatan-kegiatan penting yang terlewatkan akibat ulat benda mungil nan canggih tersebut. Sadarlah bahwa anda hidup hanya sebentar. Gunakan waktu anda sebaik-baiknya seperti waktu tanpa hp dulu.

Kecanduan gadget elektronik mirip seperti orang yang kecanduan main game, kecanduan chating di internet, kecanduan nonton film, dan lain-lain. Mungkin anda sebenarnya merasa bersalah jika memikirkan hal ini, akan tetapi tidak berdaya akibat akal sehat kita dikalahkan oleh hawa nafsu sendiri. Mari berubah menjadi lebih baik dengan menggunakan handphon seperlunya saja sehingga waktu-waktu anda bisa digunakan untuk beraktivitas di dunia nyata.

Berikut Ini Adalah Beberapa Tips Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Asyik Dengan HP/Ponsel/Handphone :

1. Gunakan Seperlunya

Kembali ke fungsi dasar telepon genggam adalah sebatas telepon, sms, jam penjunjuk waktu, rekam suara, gambar & video, alarm bangun tidur dan pengingat sesuatu (reminder). Selain itu sebaiknya jangan digunakan.

2. Batasi Komunikasi Dengan Orang Lain

Jangan ngobrol ngalor-ngidul ngerumpi lewat hape. Sebaiknya langsung saja bertemu dengan teman kita sepertu jaman dahulu kala sewaktu hanya ada telepon kabel saja. Gunakan telpon dan sms untuk yang penting dan mendesak saja.
3. Gunakan Handphone Jadul

Kalau telepon selular kita hanya bisa untuk telepon, sms dan fungsi dasar lain sudah pasti kita tidak akan macam-macam. Apalagi hpnya jelek tombolnya sehingga menyulitkan kita untuk mengetik sms dan mencari nomor telepon.

4. Masukkan Sedikit Pulsa Saja

Kalau pulsa yang ada hanya Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,- untuk pemakaian satu bulan maka bisa dibayangkan berapa banyak pengorbanan yang harus kita lakukan demi penghematan besar-besaran tersebut.

5. Buang Sementara Handphone/Ponsel Anda

Titipkan saja sama bapak atau ibu guru kita dari hari jumat/sabtu sampai hari senin. Bilang saja mau belajar hidup tanpa gangguan teknologi modern. Dari situ kita akan merasakan hidup seperti jaman kakek nenek kita yang hidup penuh makna dalam kebersamaan sosial yang baik.

6. Pikirkan Beberapa Hal Berikut Dalam Hati

- Kalau sebagian besar pulsa anda ditabung mau beli apa?
- Bermain dengan hp tidak menghasilkan uang. Cari hobi baru yang mencerahkan masa depan.
- Terlalu banyak ngegosip dan ngomongin orang itu dosa.
- Berinteraksi dengan orang sungguhan secara langsung lebih menyenangkan dan mengasyikkan.
- Seberapa besar anda terpapar radiasi hp yang sering anda pakai?
- Jangan menyesal jika hobi atau orang yang anda cuekin selama ini tiba-tiba tiada.
- Ibadah kepada Tuhan lebih penting dari segala-galanya.
- Anda memperbudak hp atau diperbudak hp?

Padahal menggunakan smartphone sebelum tidur dan meletakkannya dibawah bantal adalah tindakan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Smartphone adalah benda yang mengandung radiasi yang kuat. Mungkin efeknya tak langsung dialami oleh tubuh, namun dalam beberapa tahun ke depan radiasi ini mampu menyebabkan risiko tumbuhnya tumor dan kanker lho.

Karenanya sangat disarankan untukmu meletakkan ponsel cukup jauh dari bantal, misalnya saja 1-2 meter dari posisi tidurmu. Memang sih sulit untuk menghindari kebiasaan ini. Tapi demi menghindari radiasi dan menjaga kesehatan, lebih mulai sekarang hindari kebiasaan ini.


0 Response to "BAHAYA....!!! Apabila kita meletak kan Gadget di sekitar Bantal Saat Tidur"

Posting Komentar